Bho Bho Thai Kuta Bali, Si Jago-nya Makanan Autentik Thailand

Kalau ngomongin tentang Thai-Food, yang pertama kali selalu ada dibenak gw adalah si gurih kwetiau ala Thailand or mostly known as Pad Thai — dengan udang segar, taburan kacang, dan perasan jeruk nipis. Menu lainnya yang juga ga bisa hilang dari benak gw sebagai pencinta makanan berkuah adalah si merah Tom Yom. Bayangkan nikmatnya hari hujan dengan hangatnya semangkuk sup asem pedes ini, pasti ga bakalan bisa move on!

Tapi guys, taukah kalian bahwa ternyata ada sederetan Thai-Food lainnya yang juga gak kalah lezatnya dibandingkan kedua hidangan tersebut? Well, gw gak pernah tau akan hal ini sampai akhirnya gw mampir ke salah satu Warung Thailand bernama Bho Bho Thai di Jalan Dewi Sri Kuta, Bali.

Dijuluki dengan title ‘warung’ karena memang restaurant khas Thailand ini dibangun kecil didepan rumah pemiliknya. Meja, kursi, hingga dapur yang sederhana – hal inilah yang kalian akan dapati ketika masuk sebagai penikmat Bho Bho Thai. Namun, dibalik kesederhanaan itu semua, warung ini termasuk kecil-kecil cabe rawit. Menu yang dihidangkan benar-benar autentik dan diracik khusus oleh pemiliknya, Merry. Sebelum membuka kedai ini, Merry bahkan sempat mengikuti training memasak di Thailand. Tak heran Bho Bho Thai menjadi kedai Thailand yang ikonik di daerah Kuta.

Di warung ini, untuk pertama kalinya gw bertatapan dengan makanan Thailand yang belum pernah gw jamah sebelumnya, mulai dari yang namanya pendek seperti Larb Neua sampai dengan yang namanya panjang seperti Phat Med Ma Muang Nimaphan. Gw sempat bingung karena hampir semua menu yang disajikan not that familiar ditelinga. Namun, setelah membaca penjelasan menu dan dibayangi dengan penjelasan komposisi ingredients yang ada, pilihan gw akhirnya jatuh ke tujuh buah menu dibawah ini. Please enjoy!

Gao Hor Bai Teoy

Gao Hor Bai Teoy atau yang juga dikenal dengan Ayam Balut Pandan adalah menu hidangan pembuka yang menurut surveynya hati gw yang paling dalam, mampu menggantikan posisi Thai Spring Roll. Yep! Gw totally fall in love with this dish, langsung pada gigitan yang pertama!

bho bho thai kuta bali

Gao Hor Bai Teoy – Ayam Balut Pandan

Gimana gak enak? Sebelum diolah, ayam terlebih dahulu di-marinate dengan santan dan bumbu khas Thailand semalaman. Kemudian, ayam bumbu tersebut dibalut dengan daun pandan, dikukus setengah matang, dan digoreng hingga kecoklatan. Kebayangkan betapa sedapnya aromatic pandan dan bumbu-bumbu yang mengkaramel akibat digoreng? And well, hidangan ini berhasil membuat gw rakus, menghabiskan satu porsi ayam ini sendiri.

Larb Neua

Larb Neua merupakan salah satu salad yang terkenal berasal dari Timur Laut Thailand. Sepintas, gw agak ga bisa membayangkan gimana rasanya ground beef yang digodok dengan irisan bawang merah, daun mint, coriander, serta dressing ala Thailand yang notabene fishy, sweet, sour, and spicy. But, it tasted so sexy! Uniknya, beberapa daerah di Thailand ada juga yang menyajikan Larb Neua ini dengan daging sapi mentah, but not in Bho Bho Thai ya friends!

bho bho thai kuta bali

Larb Neua – Salad Daging dengan herbs dan dressing khas Thailand

Untuk memadukan ground beef dan dressingan-nya ternyata tidak sembarangan just toast seperti salad-salad pada umumnya. Agar meresap, toasting-an justru dilakukan didalam smoky wok. Hem, yum!

Beef Gaeng Massaman

Red Curry dan Green Curry sudah terlalu main-stream untuk kategori Thai-curry, namun tidak dengan kari yang satu ini. Beef Gaeng Massaman atau yang juga dikenal dengan Mussulman curry merupakan salah satu makanan dari Selatan Thailand yang ter-influence oleh budaya Muslim. Yang membuat kari ini unik adalah campuran kacang yang telah dihancurkan halus didalam kuahnya. Kacang tersebut membuat kuah jadi kental dan bertekstur.

bho bho thai kuta bali

Beef Gaeng Massaman – Kari dengan kacang dan rempah-rempah

Ada banyak spekulasi mengenai keberadaan dry curry yang memiliki strong flavour ini. Sebagian jurnalis mengatakan bahwa Massaman dibawa oleh pedagang Persia pada abad ke-17. Adapula teori yang mengatakan bahwa resepnya diadaptasi dari masakan Malaysia dan India.

Apapun teorinya tetap Beef Gaeng Massaman  buat nagih dan wajib hukumnya untuk dicoba sebagai dish curry-mu di Bho Bho Thai!

Phat See Ew

Dikarenakan gw sudah cukup bosan dengan Pad Thai, untuk hidangan noodle gw akhirnya memilih Phat See Ew yang basically secara penampilan sebelas duabelas dengan Pad Thai, namun dari segi warna lebih gelap. Bagaimana dengan rasanya? Menurut lidah gw, Phat See Ew ala Bho Bho Thai mirip banget dengan kwetiau goreng ala Singaporean, namun dominan dengan rasa lada hitamnya. Dan setelah gw selidiki, memang ternyata hidangan ini terpengaruh oleh Chinese.

bho bho thai kuta bali

Phad See Ew Kwetiau Goreng denga Saus Lada Hitam

Phad Med Ma Muang Nimaphan

Selain Phad See Ew, makanan Thailand lainnya yang juga ter-influence oleh budaya Chinese adalah Phad Med Ma Mung Nimaphan. Yeah, I feel you guys, namanya panjang banget! Ma Mung Nimaphan sendiri berarti kacang mete yang ternyata merupakan salah satu komoditi unggul di daerah Phuket. Uniknya lagi, Ma Mung Nimaphan ini juga berarti ‘mangga dari surga’. Kok bisa? Apa Mungkin karena bentuk kacang mete yang menyerupai mangga dan tumbuh di Phuket yang terkenal akan keindahannya, hem… bisa jadi. Back to laptop! Dari komposisi ingredients dan rasanya, Phad Med Ma Mung Nimaphan ini mirip banget sama Chicken Kung Pao. Yang membedakan hanya warnanya yang lebih light karena dimasak dengan menggunakan light soy sauce

bho bho thai kuta bali

Phad Med Ma Mung Nimaphan – Ayam masak kacang mete

Phat Ka-Phrao

Kalau Indonesia punya Nasi Campur, Korea punya Bimbimbap, Thailand juga gak kalah punya khas nasi godok yang disebut Phat Ka-Pharo. Hidangan ini cukup simple, hanya terdiri dari tumisan daging, telur setengah matang, serta nasi. Tapi jangan salah, rasanya uenak pol! Yang membuat Phat Ka-Phrao ini spesial adalah khas aromatic ala Thailand dengan menggunakan herbs holy basil yang digoreng. Kebanyangkan wanginya gimana? Dan ternyata makanan ini cukup popular dikalangan para foreingers yang berkunjung ke Thailand, namun memang kurang terdengar ditelinga kita. Gimana,  sudah pernah coba?

bho bho thai kuta bali

Phat Ka-Phrao – Nasi disajikan dengan daging tumis saus basil dan telur

Khao Niaow Tu-rean

Dessert time! 

Setelah puas makan yang berat-berat, ini saatnya mencuci mulut dengan yang manis-manis. Jika biasanya dessert Thailand identik dengan mangga campur ketan, ternyata mereka juga punya versi lain yang gak kalah enaknya, yaitu Khao Niaow Tu-rean. Let me describe in detail about this dish! Durian yang manis kekuningan dipadukan dengan ketan yang gurih lalu disajikan dengan siraman saus santan kental yang coconuty dan dilengkapi dengan taburan wijen sangrai. Sedikit hyperbola, tapi it’s for real guys. Bagi kalian durian lovers, gw tantangin buat nyobain dessert yang satu ini!

bho bho thai kuta bali

Khao Niaow Tu-rean – Durian campur ketan

Sebenarnya masih banyak lagi menu Thailand lainnya di Bho Bho Thai yang buat gw penasaran dan ngiler tiada tara. Tapi for my first visit, 7 dishes diatas sudah sukses menggugah selera dan buat gw kenyang maksimal. Selain enak dan menunya yang anti-mainstream, harga makanan di Bho Bho Thai juga terjangkau. Untuk satu porsi hanya berkisar antara 20rb – 30rb which is very cheap dibandingkan dengan restaurant lain di daerah Kuta. Gak heran di hari dan jam tertentu, warung khas Thailand ini sangat ramai sampai nolakin tamu. Bagi kamu yang mau coba mampir, Bho Bho Thai buka dari Selasa hingga Minggu dari jam 10.30 pagi hingga 22.00 malam. Sawaddi Kab! 

untitled-1

 

 

 


BHO BHO THAI KUTA BALI

Jalan Dewi Sri I No. 7, Legian, Kuta, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali

Operational time: 10.00-22.00, closed on Monday

IG: @bhobhothai

FB: Warung Bho Bho Thai

Website: bhobhothai.blogspot.co.id

Tripadvisor: Warung Bho Bho Thai

Wifi: Yes

Smoking room: Yes

Live Music: No

Parking lot: Yes


 

error: Thank you